Selamat Datang di AdyMultimedia2.blogspot.com Jangan Lupa Tinggalkan Pesanmu diBuku Tamu Atau Komentar. Terimakasih

Jumat, 24 Februari 2012

Cara Mengatur Supaya Saat Membuka Window Langsung Ke Folder/Drive Yg Kita Kehendaki

Secara default ketika kita membuka windows explorer maka yang terbuka adalah selalu folder pada My Document (pada Windows XP) atau pada Drive C pada Windows 7. Untuk membuka file lain, maka kita harus melakukan beberapa langkah lagi atau beberapa klik lagi untuk bisa sampai pada file atau folder yang kita inginkan atau kehendaki. Walaupun tidak begitu butuh waktu yang lama tapi yang jelas waktu dan perhatian kita jelas tersita untuk hal tersebut.

Sebenarnya kita bisa mengatur agar jika kita membuka windows explorer bisa langsung pada drive atau folder yang kita kehendaki, misalnya drive D atau bisa juga pada Drive D Folder “Nama Folder”. Apalagi kalau kita mempunyai drive atau folder khusus yang selalu kita buka untuk bekerja akan sangat bermanfaat sekali.

Dibawah ini adalah trick atau cara agar setiap membuka windows explorer, langsung menuju pada drive atau folder yang kita kehendaki.


Windows explorer akan langsung membuka Drive atau Folder tujuan

Klik Start > All Programs ( Programs) > Accessories
Klik kanan pada Windows Explorer > pilih Properties
Muncul jendela properties windows explorer. Pada tab Shortcut terdapat target yang berisikan %SystemRoot%\explorer.exe jika windows XP atau %windir%\explorer.exe jika windows 7

Agar bisa langsung membuka pada Drive atau folder sasaran, maka setelah %SystemRoot%\explorer.exe atau %windir%\explorer.exe tambahkan drive atau folder tujuan dengan diberi spasi.

Contoh : Kita menginginkan ketika membuka windows explorer, maka akan langsung menuju atau membuka drive D. Maka penulisan yang lengkap adalah :
%SystemRoot%\explorer.exe D:\ atau %windir%\explorer.exe D:\

Kalau langsung membuka folder yang dikehendaki, tinggal masukkan nama folder dibelakang D:\. Sehingga menjadi

%SystemRoot%\explorer.exe D:\nama folder anda

Klik OK dan selesai.








 


 Windows explorer hanya akan memilih Drive atau Folder tujuan

Klik Start > All Programs ( Programs) > Accessories
Klik kanan pada Windows Explorer > pilih Properties
Muncul jendela properties windows explorer. Pada tab Shortcut terdapat target yang berisikan %SystemRoot%\explorer.exe jika windows XP atau %windir%\explorer.exe jika windows 7

Agar bisa memilih pada Drive atau folder sasaran, maka setelah %SystemRoot%\explorer.exe atau %windir%\explorer.exe tambahkan /n, /e, /select, D:\ dengan diberi spasi.

Contoh penulisannya :
Untuk memilih Drive saja : %SystemRoot%\explorer.exe /n, /e, /select, D:\ atau %windir%\explorer.exe /n, /e, /select, D:\

Untuk memilih folder : %SystemRoot%\explorer.exe /n, /e, /select, D:\nama folder anda atau %windir%\explorer.exe /n, /e, /select, D:\nama folder anda

Klik OK dan selesai

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar