Selamat Datang di AdyMultimedia2.blogspot.com Jangan Lupa Tinggalkan Pesanmu diBuku Tamu Atau Komentar. Terimakasih

Senin, 20 Februari 2012

Mengapa Crack, Keygen, dan Patch sering dianggap Virus

kenapa antivirus sering mangenali krack, patch, keygen sebagai virus ?? hmmm.... kenapa ya ?? padahal yang namanya krack, patch, keygen itu bukan termasuk program berbahaya. apakah pengenalan antivirus tersebut akurat ?? oke kita bahas satu persatu....

Perangkat lunak antivirus

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Cara kerja
Pada umumnya, cara kerja antivirus adalah:

  • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).
  • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang "tidak wajar" menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau "False Alarm" (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu "lunak"), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. Teknologi Heuristic Scanning ini telah berkembang begitu jauh hingga sekarang. Beberapa antivirus mengecek sebuah file dengan definisi biasa. Jika lolos dari deteksi biasa, maka file tersebut dijalankan di sebuah lingkungan virtual. Semua perubahan yang dilakukan file bersifat seperti virus, maka pengguna akan diperingatkan.

Virus komputer

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara kerja
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Pengertian krack, patch, keygen

1. krack
krack dalam bahasa inggris berarti pecahan / retakan. Sama seperti artinya, krack merupakan bagian dari suatu software yang sudah dirubah isinya oleh seseorang / kelompok. Kebanyakan, bagian yang dirubah isinya oleh kracker adalah file executable (*.exe) suatu software, namun ada juga yang merubah isi file library (*.dll). Oleh karena itu, file krack umumnya berekstensi (*.exe) atau (*.dll). Hal ini juga yang menjadi kelemahan suatu krack, kebanyakan krack tidak dapat dipakai pada versi software yang berbeda.

DVD krack fungsinya bukan hanya dapat membuat software menjadi full version saja, namun juga ada krack untuk game yang dapat membuat game yang seharusnya memerlukan CD original game tersebut, menjadi tidak memerlukan CD lagi. Biasanya krack itu disebut NoCD-krack atau NoDVD-krack. Cara menggunakan krack cukup mudah, Anda cukup menginstall softwarenya, lalu mengopy file kracknya ke tempat software tadi di install (me-replace file asli).

Contoh: Anda menginstall software A pada folder C:Program FilesA, jika Anda punya krack software tersebut, dan kracknya bernama A.exe. Anda cukup menaruh file A.exe pada folder C:Program FilesA. Jika ada peringatan Confirm File Replace, Anda hanya tinggal pilih Yes.

2. Patch / Patcher
Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, patch berarti tambalan. Patch dalam dunia game pc merupakan tambalan / update dari suatu game untuk memperbaiki error / bug pada game, maupun menambah fitur suatu game. Patch untuk update game ini menggunakan UI (User Interface) agar user dapat dengan mudah mengupdate game favoritnya. Hanya tinggal tekan next, next, i agree, next, lalu update, Patch langsung mengupdate game tersebut secara otomatis. Menambal error dan menambah fitur.

Namun berbeda fungsi antara patch di dunia game dengan dunia pembajakan software, path pada dunia pembajakan memang juga mempunyai UI (User Interface). Namun fungsinya yang berbeda, patch ini menulis data pada bagian software dan registry. Yang biasa ditulisnya adalah file executable software tersebut. Ada juga krack yang menulis pada registry. Itulah yang menjadi kelebihan patch, ada beberapa patch yang dapat digunakan pada software dengan versi berbeda. Jika ada patch dengan nama misal Software A Universal Patcher, berarti patch tersebut dapat digunakan untuk semua versi dari Software A, baik versi 1 maupun 9, patch tersebut tetap dapat digunakan. Lain halnya jika patch tersebut punya nama Software A 1.xxx Patch, berarti patch tersebut dapat digunakan pada semua Software A yang punya bersi mayor 1, misal Software A 1.3, Software A 1.8 dan lainnya asal versi mayor (utama) nya masih 1.
Hanya dengan menaruh patch di folder letak Anda menginstall software tersebut, jalankan Patch, dan tekan tombol Patch, maka seketika itu juga patch menulis beberapa data pada bagian software dan registry. Setelah proses patching sukses, kini software sudah menjadi full version / terdaftar (registered).

3. Keygen
Keygen, merupakan kependekan dari Key Generator. Sebuah program yang dapat menghasilkan serial untuk suatu software. Serial yang dihasilkan oleh sebuah Keygen berbeda, namun tetap mempunyai pola yang sama namun berbeda.

Nah, seperti itulah contoh mudah pola serial yang dihasilkan oleh sebuah Keygen, namun lebih rumit lagi.

Kesimpulannya
1. Virus komputer program yang dapat merusak sistem komputer dan menggangu / merugikan user komputer.
2. krack, patch, keygen tidak merusak sistem komputer dan menggangu / merugikan user komputer, tapi program ini sangat - sangat merugikan sebuah vendor software.
3. Sebuah "patch" cara kerjanya ada yang merubah / menginject isi dari file *.exe, *.dll ato file lain, biasanya utk membelokkan proses registrasi dan struktur bit yang terdapat dalam "patch" mirip dengan virus PE seperti w32/sality dan terkadang source code dari keygen mirip dengan souce kode trojan.
4. Jadi memang tidak bisa dipungkiri antivirus itu tidak sempurna, karena virus komputer dan antivirus sama- sama bikinan manusia, antivirus tidak bisa membedakan mana yang merusak suatu sistem atau merusak secara finansial

*Sumbernya dah ga ada pas mau dikunjungi gan

Reaksi:

8 komentar:

  1. Bagaimana solusinya jika keygen atau patch exe sering dianggap virus, sehingga tidak bisa diinstal sama sekali. walaupun anti virusnya dah dihapus tetap tidak dapa menginstalnya. contoh : Windows cannot access the specified device, path, or file. You may not have the appropriate
    permissions to access the item.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih saya kurang tau.. tapi sepertinya saya pernah mengalaminya juga... kalo PCnya dibagi jadi 2 profil atau lebih (User dan Guest) coba pindahkan filenya ke My Document jgn di Public Document.. apalagi klo di Program Files.. itu ga bisa.. saya dah coba sendiri dan akhirnya bisa..

      Hapus
    2. memang macam itu......pakai genuine,beli dekat mudah.com la

      Hapus
  2. Thanks pak Bos atas INFOnya....

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya, setelah ku pindah ke my dokumen langsung bisa... hehehe

    BalasHapus
  4. pakai genuine software sajalah,lagi tenang ,saya pakai semua genuinue saja,sistem I dah perfect laptop aman.....beli genuine seumur hidupla ....lagi senang,tak perlu format lagi...

    BalasHapus
  5. gan saya mau tanya !!
    Inti Nya krack, patch, keygen itu Virus atau Bukan ??
    dan Setiap kita Menginstal Game atau Software yang tidak original
    kenapa kita harus MengNonaktifkan Segala Antiviruss dan Konesi Intenet Kita ???
    mohon Pencerahannya gan

    BalasHapus
  6. gan saya mau tanya !!
    Inti Nya krack, patch, keygen itu Virus atau Bukan ??
    dan Setiap kita Menginstal Game atau Software yang tidak original
    kenapa kita harus MengNonaktifkan Segala Antiviruss dan Konesi Intenet Kita ???
    mohon Pencerahannya gan

    BalasHapus